blog ini di khususkan buat penambahan cakrawala berfikir kita tentang IPTEK. dan benar milik hendri. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Nama Sekolah           : MI Mamba’us sholihin
Kelas / Semester         : IV / I
Mata Pelajaran          : Sejarah Kebudayaan Islam
Alokasi Waktu           : 2 x 35 menit


Ø  Standar  Kompetensi
§  Mengenal kepribadian Nabi Muhammad SAW
Ø  Kompetensi Dasar
§  Mengidentifikasi ciri-ciri kepribadian Nabi Muhammad SAW sebagai rahmat bagi seluruh umat
Ø  Indikator
§  Menyebutkan sifat-sifat Nabi Muhammad SAW
§  Menjelaskan kepedulian Nabi Muhammad SAW terhadap kehidupan sesama
§  Menjelaskan kepedulian Nabi Muhammad SAW terhadap alam sekitar

Ø  Tujuan Pembelajaran
§  Setelah melaksanakan pembelajaran siswa mampu menyebutkan sifat-sipat nabi Muhammad SAW dengan baik dan benar.
§  Setelah melaksanakan pembelajaran siswa mampu menjelaskan kepedulian Nabi Muhammad terhadap kehidupan sesama dengan baik dan benar
§  Setelah melaksanakan pembelajaran siswa mampu menjelaskan kepedulian Nabi Muhammad terhadap alam sekitar dengan baik dan benar

Ø  Materi Pokok
§  Kepribadian Nabi Muhammad SAW
Ø  Metode / Strategi Pembelajaran
§  Ceramah
§  Diskusi
§  Cardsort
§  Tanya jawab
§  Penugasan


Ø  Sumber / Alat belajar
§  Buku panduan Sejarah kebudayaan islam kelas IV
§  LKS

Ø  Langkah – Langkah Pembelajaran

waktu

Kegiatan pembelajaran
Media
Metode / strategi
Guru
Siswa
2 menit
Kegiatan Awal




30 dtk
§  Guru masuk kelas dan mengucapkan salam
o   Siswa menjawab salam dari guru

-

Ceramah

30 dtk
§  Guru menanyakan kabar
o   Siswa menjawab kabar mereka sesuai keadaan masing-masing

-

Ceramah


1 menit
§ Guru membacakan tujuan dari pembelajaran hari ini
o   Siswa mendengarkan dengan baik

-

Ceramah

Kegiatan inti





2 menit
§ Guru menggali pemahaman siswa mengenai kepribadian Nabi Muhammad
o   Siswa menjawab dengan semampu pengetahuan mereka


-


Ceramah


5 menit
§ Guru menjelaskan sedikit materi mengenai kepribadian Nabi Muhammad SAW
o   Siswa mendengarkan dengan seksama

-

Ceramah

1 menit
§ Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok
o   Siswa mulai berkelompok

-

Ceramah






7 menit
§ Guru memberikan kartu yang berisi tentang kepedulian Nabi Muhammad terhadap sesama dan alam sekitar, dan meminta masing-masing kelompok berdiskusi untuk mengelompokkan kartu berdasarkan kategori masing-masing
o   Siswa mendengarkan intruksi dari guru dan mulai berdiskusi dengan kelompok yang telah ditentukan



Media tempel



Diskusi



3 Menit
§ Guru meminta perwakilan dari masing-masing kelompok menempelkan hasil diskusi didepan kelas dan mempresentasikan-nya

o   Masing-masing perwakilan dari kelompok maju untuk mempresentasikan hasil diskusi



Media tempel



Presentasi
5 menit
Kegiatan akhir





3 menit
§ Guru memberikan penguatan terhadap materi yang telah dipelajari
o   Siswa mendengarkan dengan seksama

-

Ceramah

30 detik
§ guru memberikan kesempatan pada siswa untuk bertanya
o   Siswa mengajukan pertanyaan (jika ada sesuatu yang belum dimengerti)

-

Tanya jawab

  1 menit
§ guru memberikan tugas rumah
o   Sisw menulis tugas rumah yang diberikan guru

-

Ceramah

30 detik
§ Guru mengakhiri pembelajaran dan mengucapkan salam
o   Siswa menjawab salam

-

Ceramah


Ø  Penilaian

§  Jenis Penilaian :
ü  performance
ü  Tes tulis
§  Bentuk Penilaian   :
ü  Diskusi
ü  Penugasan
§  Contoh  Instrumen penilaian :
ü  Tes tulis
1.      Mengasihi dan menyayangi pembantu, termasuk kepedulian Nabi terhadap?
2.      Sebutkan sifat-sifat yang dimiliki oleh Nabi Muhammad !
3.      Tabligh artinya?
4.      Sebutkan kepedulian nabi terhadap alam sekitar !
5.      Rasul selalu membalas kebencian-kebencian dari musuhnya dengan?


§  Pedoman Penskoran
ü  Performance


NO

NAMA-NAMA ANGGOTA KELOMPOK
ASPEK YANG DINILAI
Hasil diskusi
Kekompakan
Persiapan presentasi
0-30
0-50
0-20
1.
2.
Kelompok I
Kelompok II










Jumlah



ü  Tes tulis


ASPEK YANG DINILAI
SKOR
JUMLAH SKOR
1)      Sesama

9
9
2)      Siddiq
Amanah
Tabligh
Fatonah

3
3
3
3

12
3)      Menyampaikan


4)      Menyayangi binatang
Dan menyayangi tumbuhan
10


10
20
5)      Kebaikan
9

9
JUMLAH
100



Mengetahui,

            KepalaSekolah                                                                            Guru kelas  

Evy fatimatur rusdiyah,M.Ag.                                                                 Irna afsari

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

my lovely