RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah : MI Mamba’us sholihin
Kelas / Semester : IV / I
Mata Pelajaran : Sejarah Kebudayaan Islam
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
Ø Standar Kompetensi
§ Mengenal kepribadian Nabi Muhammad SAW
Ø Kompetensi Dasar
§ Mengidentifikasi ciri-ciri kepribadian Nabi Muhammad SAW sebagai rahmat bagi seluruh umat
Ø Indikator
§ Menyebutkan sifat-sifat Nabi Muhammad SAW
§ Menjelaskan kepedulian Nabi Muhammad SAW terhadap kehidupan sesama
§ Menjelaskan kepedulian Nabi Muhammad SAW terhadap alam sekitar
Ø Tujuan Pembelajaran
§ Setelah melaksanakan pembelajaran siswa mampu menyebutkan sifat-sipat nabi Muhammad SAW dengan baik dan benar.
§ Setelah melaksanakan pembelajaran siswa mampu menjelaskan kepedulian Nabi Muhammad terhadap kehidupan sesama dengan baik dan benar
§ Setelah melaksanakan pembelajaran siswa mampu menjelaskan kepedulian Nabi Muhammad terhadap alam sekitar dengan baik dan benar
Ø Materi Pokok
§ Kepribadian Nabi Muhammad SAW
Ø Metode / Strategi Pembelajaran
§ Ceramah
§ Diskusi
§ Cardsort
§ Tanya jawab
§ Penugasan
Ø Sumber / Alat belajar
§ Buku panduan Sejarah kebudayaan islam kelas IV
§ LKS
Ø Langkah – Langkah Pembelajaran
waktu | Kegiatan pembelajaran | Media | Metode / strategi | |
Guru | Siswa | |||
2 menit | Kegiatan Awal | |||
30 dtk | § Guru masuk kelas dan mengucapkan salam | o Siswa menjawab salam dari guru | - | Ceramah |
30 dtk | § Guru menanyakan kabar | o Siswa menjawab kabar mereka sesuai keadaan masing-masing | - | Ceramah |
1 menit | § Guru membacakan tujuan dari pembelajaran hari ini | o Siswa mendengarkan dengan baik | - | Ceramah |
Kegiatan inti | ||||
2 menit | § Guru menggali pemahaman siswa mengenai kepribadian Nabi Muhammad | o Siswa menjawab dengan semampu pengetahuan mereka | - | Ceramah |
5 menit | § Guru menjelaskan sedikit materi mengenai kepribadian Nabi Muhammad SAW | o Siswa mendengarkan dengan seksama | - | Ceramah |
1 menit | § Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok | o Siswa mulai berkelompok | - | Ceramah |
7 menit | § Guru memberikan kartu yang berisi tentang kepedulian Nabi Muhammad terhadap sesama dan alam sekitar, dan meminta masing-masing kelompok berdiskusi untuk mengelompokkan kartu berdasarkan kategori masing-masing | o Siswa mendengarkan intruksi dari guru dan mulai berdiskusi dengan kelompok yang telah ditentukan | Media tempel | Diskusi |
3 Menit | § Guru meminta perwakilan dari masing-masing kelompok menempelkan hasil diskusi didepan kelas dan mempresentasikan-nya | o Masing-masing perwakilan dari kelompok maju untuk mempresentasikan hasil diskusi | Media tempel | Presentasi |
5 menit | Kegiatan akhir | |||
3 menit | § Guru memberikan penguatan terhadap materi yang telah dipelajari | o Siswa mendengarkan dengan seksama | - | Ceramah |
30 detik | § guru memberikan kesempatan pada siswa untuk bertanya | o Siswa mengajukan pertanyaan (jika ada sesuatu yang belum dimengerti) | - | Tanya jawab |
1 menit | § guru memberikan tugas rumah | o Sisw menulis tugas rumah yang diberikan guru | - | Ceramah |
30 detik | § Guru mengakhiri pembelajaran dan mengucapkan salam | o Siswa menjawab salam | - | Ceramah |
Ø Penilaian
§ Jenis Penilaian :
ü performance
ü Tes tulis
§ Bentuk Penilaian :
ü Diskusi
ü Penugasan
§ Contoh Instrumen penilaian :
ü Tes tulis
1. Mengasihi dan menyayangi pembantu, termasuk kepedulian Nabi terhadap?
2. Sebutkan sifat-sifat yang dimiliki oleh Nabi Muhammad !
3. Tabligh artinya?
4. Sebutkan kepedulian nabi terhadap alam sekitar !
5. Rasul selalu membalas kebencian-kebencian dari musuhnya dengan?
§ Pedoman Penskoran
ü Performance
NO | NAMA-NAMA ANGGOTA KELOMPOK | ASPEK YANG DINILAI | ||
Hasil diskusi | Kekompakan | Persiapan presentasi | ||
0-30 | 0-50 | 0-20 | ||
1. 2. | Kelompok I Kelompok II | |||
Jumlah |
ü Tes tulis
ASPEK YANG DINILAI | SKOR | JUMLAH SKOR |
1) Sesama | 9 | 9 |
2) Siddiq Amanah Tabligh Fatonah | 3 3 3 3 | 12 |
3) Menyampaikan | ||
4) Menyayangi binatang Dan menyayangi tumbuhan | 10 10 | 20 |
5) Kebaikan | 9 | 9 |
JUMLAH | 100 |
Mengetahui,
KepalaSekolah Guru kelas
Evy fatimatur rusdiyah,M.Ag. Irna afsari
0 komentar:
Posting Komentar